Selasa, 23 Februari 2010

Diophantus

Tahun kehidupan Diophantus masih merupakan misteri. Hanya ada dua fakta yang dapat membuat kita mengira - ngiranya.Pertama, dia mengutip tulisan Hypsicles yang diketahui hidup sekitar tahun 150 SM. Kedua, tulisan Diophantus dikutip oleh Theon dari Alexandria. Prakiraan hidup Theon, diacu dari gerhana matahari yang terjadi pada 16 Juni 364 (???). Dengan dua fakta ini diperkirakan Diophantus hidup antara tahun 150 SM sampai tahun 364. Para peneliti,menyimpulkan bahwa diperkirakan Diophantus hidup sekitar tahun 250.





Diophantus menulis Arithmetica, yang mana isinya merupakan pengembangan aljabar yang dilakukan dengan membuat beberapa persamaan. Persamaan-persamaan tersebut disebut persamaan Diophantin, digunakan pada matematika sampai sekarang.

Diophantus menulis lima belas buku, namun hanya enam buku yang dapat dibaca, sisanya ikut terbakar ketika penghancuran perpustakaan besar di Alexandria. Sisa karya Diophantus yang selamat sekaligus merupakan teks bangsa Yunani yang terakhir yang diterjemahkan. Buku terjemahan pertama kali dalam bahasa Latin diterbitkan pada tahun 1575. Prestasi Diophantus merupakan akhir kejayaan Yunani kuno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar